Soal UN dan Pembahasan Susunan dan Ide Pokok dalam Paragraf

#SUSUNAN PARAGRAF

Susunan Paragraf. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia tentang susunan paragraf untuk tingkat menengah atas. Selain menentukan kalimat utama, kalimat penjelas, atau kalimat sumbang, salah satu model soal lainnya tentang paragraf yang cukup sering muncul pada soal ujian nasional bahasa Indonesia adalah menentukan susunan kalimat agar dihasilkan paragraf yang padu. Pada kesempatan ini, si Jeger akan membahas beberapa soal tentang susunan paragraf yang pernah keluar dalam ujian nasional sebagai gambaran bagi murid untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menyusun Kalimat Menjadi Paragraf

Cermatilah kalimat acak berikut ini!
(1) Mencari bahan-bahan tulisan yang sesuai dengan tema yang Anda pilih. (2) Mengembangkan kerangka yang lengkap. (3) Jika anda menulis karya ilmiah harus memperhatikan langkah-langkah berikut. (4) Memilih tema yang mudah dibahas dan dipahami. (5) Menyusun kerangka karangan sesuai dengan tema yang Anda pilih.

Jika kalimat-kalimat tersebut disusun menjadi paragraf, maka susunan yang paling tepat adalah ....
A. 3 - 4 - 1 - 5 - 2
B. 3 - 1 - 4 - 5 - 2
C. 3 - 4 - 5 - 1 - 2
D. 3 - 1 - 5 - 4 - 2
E. 3 - 1 - 4 - 2 - 5

Pembahasan :
Jika dilihat dari kelima kalimat di atas, maka kalimat-kalimat tersebut menjelaskan mengenai langkah-langkah dalam pembuatan karya ilmiah. Dengan demikian, kalimat yang menjadi awal paragraf jelas adalah kalimat 3 dan memang pada semua opsi jawaban kalimat 3 berada di awal paragraf.

Sesuai dengan langkah-langkah penulisan karya ilmiah, tahapan yang harus dilakukan saat menulis karya ilmiah secara garis besar adalah menentukan tema, mencari referensi atau bahan tulisan sebagai landasan teori, membuat kerangka karangan, dan mengembangkan kerangka karangan yang telah disusun sebelumnya.

Dengan demikian, susunan kalimat yang paling tepat adalah 3 - 4 - 1 - 5 - 2 :
Jika anda menulis karya ilmiah harus memperhatikan langkah-langkah berikut. Memilih tema yang mudah dibahas dan dipahami. Mencari bahan-bahan tulisan yang sesuai dengan tema yang Anda pilih. Menyusun kerangka karangan sesuai dengan tema yang Anda pilih. Mengembangkan kerangka yang lengkap.
Jawaban : A

Soal 2 : Menyusun Paragraf yang Padu

Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
(1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang terlalu basah dapat menyebabkan busuknya rimpang jahe.
(2) Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bendengan hingga tanah cukup basah.
(3) Selanjutnya air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4) Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3 - 5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5) Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.

Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan ....
A. 1 - 3 - 2 - 5 - 4
B. 2 - 1 - 5 - 4 - 3
C. 3 - 1 - 5 - 2 - 4
D. 4 - 5 - 1 - 2 - 3
E. 4 - 1 - 5 - 2 - 3

Pembahasan :
Agar dihasilkan paragraf yang padu, maka kalimat-kalimat tersebut harus diurutkan secara sistematis dengan memperhatikan kelogisan dan kepaduannya. Antara kalimat satu dengan kalimat yang lain harus saling berhubungan secara berurut agar informasi yang ingin disampaikan dapat dimengerti.

Cara paling mudah untuk menyusun paragraf adalah dengan menemukan kalimat utamanya terlebih dahulu. Kalimat 1, 2, dan 3 sudah jelas bukan merupakan kalimat utama karena ketiganya menggunakan kata penghubung antar kalimat yang menunjukkan bahwa ada kalimat sebelumnya.

Antara kalimat 4 dan 5, kalimat yang paling tepat diletakkan di awal paragraf adalah kalimat 4. Dengan demikian, ada dua kemungkinan, yaitu D dan E. Nah selanjutnya tinggal tentukan kalimat mana yang diletakkan setelah kalimat 4. Antara kalimat 1 dan 5, kalimat yang lebih tepat diletakkan setelah kalimat 4 adalah kalimat 5.

Dengan demikian, susunan kalimat yang paling tepat agar dihasilkan paragraf yang padu adalah 4 - 5 - 1 - 2 - 3. Dengan susunan tersebut, maka dihasilkan paragraf yang menjelaskan tentang cara pengairan pada rimpang jahe (pembibitan jahe).
Jawaban : D

Soal 3 : Menyusun Paragraf Eksposisi Proses

Langkah-langkah pemindahan bibit cabai dari bedengan ke polibag:
1). Polibag yang berisi calon bibit diletakkan di tempat yang mendapat naungan.
2). Setelah itu, polibag disiram air secukupnya.
3). Bibit di tempat pembenihan beserta tanahnya diambil memakai cetok.
4). Tanah pembungkus akar ditutup dengan tanah dan dipadatkan dengan tangan.
5). Kedalaman penanaman sampai batas bagian tanah yang membungkus akar.
6). Bibit yang jumlahnya lebih dari satu dipisahkan satu persatu secara hati-hati. Ketika melakukan pemisahan, tanah yang membungkus akar diiuktsertakan. Setelah terpisah satu per satu, tanaman itu langsung ditanam di polibag.

Agar menjadi paragraf eksposisi proses, urutan kalimat di atas yang benar adalah ....
A. 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6
B. 3 - 6 - 5 - 4 - 2 - 1
C. 4 - 2 - 1 - 3 - 6 - 5
D. 5 - 6 - 3 - 4 - 2 - 1
E. 6 - 5 - 3 - 4 - 2 - 1

Pembahasan :
Berhubung karena opsi jawaban memberikan susunan yang berbeda-beda (kalimat pertamanya berbeda semua), maka soal ini bida dibilang cukup mudah diselesaikan. Caranya adalah dengan cukup menentukan kalimat mana yang paling tepat berada di awal atau sebagai langkah pertamanya.

Sesuai dengan judulnya, paragraf eksposisi proses yang akan disusun adalah paragraf yang menjelaskan bagaimana proses memindahkan bibit cabai dari bedengan (tempat pembenihan) ke polibag. Untuk memindahkan bibit dari bedengan ke polibag tentu saja langkah pertamanya adalah mengambil bibit dari pembenihan beseta tanahnya (kalimat 3).

Degan demikian, urutan kalimat yang benar adalah 3 - 6 - 5 - 4 - 2 - 1. Secara ringkas, langkah memindahkan bibit cabai ke polibag adalah : mengambil bibit beserta tanahnya, memisahkan bibit satu persatu kemudian ditanam ke polibag dengan kedalaman sampai tanah penutup akar, lalu poilbag diletakkan di tempat yang mendapat naungan kemudian disiram air secukupnya.
Jawaban : B

Soal 4 : Melengkapi Pararaf Argumentasi

Bacalah paragraf berikut ini dengan seksama!
Pendidikan adalah salah satu faktor penentu maju mundurnya bangsa. Namun, fakta di lapangan menunjukkan pendidikan di Indonesia sangat mahal. ......... Hal ini menyebabkan banyak anak usia sekolah SD hingga SMA putus sekolah. Biaya pendidikan yang mahal diperkirakan menjadi sebab tingginya angka putus sekolah.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf argumentasi tersebut adalah .....
A. Masyarakat yang kurang mampu tidak dapat menjangkau mahalnya biaya pendidikan itu.
B. Apalagi untuk masuk ke perguruan tinggi yang diunggulkan masyarakat.
C.  Diperlukan uang ratusan juta rupiah untuk masuk ke fakultas kedokteran.
D. Masyarakat yang kurang mampu tidak mungkin dapat menguliahkan anaknya.
E. Sudah menjadi rahasia umum, fakultas kedokteran termahal saat ini.

Pembahasan :
Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi pendapat yang disertai dengan pembahasan logis. Umumnya paragraf argumentasi dilengkapi dengan alasan, contoh, atau bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan agar pendapat tersebut dapat diterima kebenarannya.

Kalimat yang paling tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah "Masyarakat yang kurang mampu tidak dapat menjangkau mahalnya biaya pendidikan itu". Kalimat tersebut memperjelas kalimat sebelumnya tentang biaya pendidikan yang sangat mahal sekaligus menjelaskan penyebab dari peristiwa yang ada di kalimat berikutnya (yaitu banyak anak putus sekolah).
Jawaban : A

Soal 5 : Menentuan Urutan Kalimat dalam Paragraf

(1) Syukur-syukur jadi anak superior dengan IQ di atas 130. (2) Dalam paradigma IQ dikenal kategori hamper atau genius kalau seorang punya IQ di atas 140. (3) Hingga hari ini pun masih banyak orang tua yang mengharapkan anak-anaknya pintar, terlahir dengan IQ (intelligence quotient) di atas level normal (lebih dari 100). (4) Harapan ini tentu sah saja. (5) Albert Einstein adalah ilmuwan yang IQ-nya disebut-sebut lebih dari 160.

Agar menjadi paragraf yang baik, urutan kalimat-kalimat di atas yang benar adalah ......
A. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
B. 2 - 3 - 4 - 5 - 1
C. 3 - 1 - 4 - 2 - 5
D. 4 - 2 - 5 - 3 - 1
E. 5 - 3 - 1 - 4 - 2

Pembahasan :
Jika dibaca secara seksama, maka sebenarnya soal ini sedikit membingunkan karena ada dua kemungkinan susunan yang secara sistematis terlihat padu. Susunan yang paling mungkin dari kalimat-kalimat di atas adalah opsi C dan E. Untuk itu mari sama-sama kita lihat mana yang lebih tepat susunannya.

Untuk opsi jawaban C, susunannya 3 - 1 - 4 - 2 - 5. Jika disusun dengan susunan seperti itu, sebenarnya dihasilkan paragraf yang dapat dimengerti dan sudah cukup sistematis. Hanya saja, penggunaan partikel "pun" pada kalimat 3 dirasa kurang tepat jika berada di awal paragraf karena partikel "pun" tersebut seolah menguatkan kalimat sebelumnya. Namun jika kalimat tersebut tidak menggunakan partikel "pun" susunan ini kami rasa lebih baik dari susunan opsi E.

Untuk opsi jawaban E, susunannya 5 - 3 - 1 - 4 - 2. Paragrafnya menjadi :
Albert Einstein adalah ilmuwan yang IQ-nya disebut-sebut lebih dari 160. Hingga hari ini pun masih banyak orang tua yang mengharapkan anak-anaknya pintar, terlahir dengan IQ (intelligence quotient) di atas level normal (lebih dari 100). Syukur-syukur jadi anak superior dengan IQ di atas 130. Harapan ini tentu sah saja. Dalam paradigma IQ dikenal kategori hamper atau genius kalau seorang punya IQ di atas 140.
Jawaban : C/E

#IDE POKOK DALAM PARAGRAF

Ide Pokok Paragraf. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia tentang ide pokok paragraf untuk tingkat menengah atas. Salah satu model soal membaca yang paling umum muncul adalah menentukan kalimat utama paragraf. Bentuk lain dari kalimat utama adalah menentukan ide pokok paragraf. Pada kesempatan ini, si Jeger akan membahas beberapa soal tentang ide pokok paragraf yang pernah keluar dalam soal ujian nasional. Semoga dapat menjadi gambaran bagi murid untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Mengidentifikasi Ide Pokok Paragraf

Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....
A. Memanfaatkan fasilitas yang ada
B. Menjaga lingkungan agar tetap sehat
C. Perilaku sehat akan berpengaruh pada pilar lainnya
D. Berperilaku sehat akan menjaga kebersihan
E. Perilaku sehat merupakan pilar utama.

Pembahasan :
Paragraf merupakan rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pembahasan. Umumnya sebuah paragraf terdiri dari satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Secara garis besar, paragraf terdiri dari dua unsur utama, yaitu gagasan utama dan gagasan penjelas.

Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan ini biasanya berada di kalimat utama. Sedangkan gagasan penjelas adalah gagasan yang berfungsi menjelaskan gagasan utama dan biasanya dinyatakan dalam beberapa kalimat penjelas.

Dalam paragraf juga dikenal istilah ide pokok. Ide pokok adalah gagasan inti atau gagasan utama yang dijiwai seluruh paragraf. Ide atau pikiran pokok suatu paragraf biasanya terletak di awal paragraf (paragraf deduktif) atau di akhir paragraf (paragraf induktif).

Ide pokok biasanya berada di kalimat utama paragraf. Pada paragraf di atas, kalimat utamanya adalah kalimat pertama yaitu "Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama". Dengan demikian, ide pokok paragraf tersebut adalah perilaku sehat merupakan pilar utama. Paragraf ini termasuk paragraf deduktif.
Jawaban : E

Soal 2 : Menentukan Ide Pokok Paragraf

Bacalah teks berikut dengan seksama!
Dampak merebaknya penyebaran virus sindrom pernafasan akut parah (Severe Acute Respiratory Sindrome/SARS) dari negeri jiran, Singapura, mulai mengancam bisnis perhotelan di Batam. Jumlah tamu, baik dari luar negeri maupun dalam negeri merosot hingga tingkat hunian hotem di Batam berkurang hingga sepuluh persen. Demikian kata Public Relation Manajer Goodway Hotel Puri Garden, Budi Purnomo, dan pengusaha Novotel Hotel, Anas ketika dihubungi kompas di Batam.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Dampak penyebaran virus SARS terhadap bisnis perhotelan
B. Penyebaran virus SARS dari negeri jiran Singapura
C. Virus SARS mengancam bisnis perhotelan di Singapura
D. Dampak virus SARS terhadap penghuni hotel di Batam
E. Dampak penyebaran virus SARS dirasakan oleh penguasaha

Pembahasan :
Secara keseluruhan, paragraf di atas membahas bagaimana pengaruh penyebaran virus SARS terhadap merosotnya jumlah tamu perhotelan di Batam. Kalimat utama berada di awal paragraf. Dari kalimat utama tersebut, dapat disimpulkan ide pokoknya, yaitu Dampak penyebaran virus SARS terhadap bisnis perhotelan (di Batam).
Jawaban : A

Soal 3 : Menentukan Ide Pokok Paragraf Pertama

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam menghadapi masalah kependudukan. Salah satu fokus perhatian yang layak diketahui masyarakat adalah mengenai tanggungan beban negara karena banyaknya generasi muda dan meningkatnya penduduk usia lanjut.

Ketika proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan 17 agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta, jumlah penduduk negara kita sekitar 70 juta jiwa, sedangkan hasil sensus penduduk tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa. Sejak kemerdekaan hingga kini, penduduk Indonesia telah berkembang hampir tiga kali lipat yakni 203,45 jiwa.

Ide pokok paragraf pertama dalam artikel di atas adalah .....
A. Beban negara terhadap beban penduduk
B. Meningkatnya penduduk usia lanjut di Indonesia
C. Mingkatnya jumlah generasi muda setelah merdeka
D. Perlu berjuang dalam mengatasi kependudukan
E. Perhatian terhadap masyarakat bangsa Indonesia.

Pembahasan :
Kalimat utama pada paragraf pertama dalam artikel di atas adalah Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam menghadapi masalah kependudukan. Karena ide pokok biasanya ada pada kalimat utama, maka ide pokok paragraf pertama adalah Perlu berjuang dalam mengatasi kependudukan.
Jawaban : D

Soal 4 : Menentukan Ide Pokok Paragraf Kedua

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Semburan Baru Muncul di Mindi
Semburan lumpur, air, dan gas baru keluar dari salah satu halaman belakang salah seorang penduduk, warga desa Mindi, kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Semburan itu merupakan semburan yang ke-59 yang muncul di sekitar pusat semburan utama.

Menurut seorang ahli dari Leader Team Fergaco, perusahaan yang ahli mengawasi gas-gas berbahaya di sekita pusat semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar sebelumnya. Semburan liar itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar. Kalau itu akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan, hari ini akan dimasukkan 100 kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.

Ide pokok paragraf kedua teks tersebut yang tepat adalah ....
A. Pengawasan gas oleh tim ahli
B. Pendapat tentang semburan liar
C. Munculnya semburan liar
D. Mengecilnya semburan liar
E. Penutupan lubang liar

Pembahasan :
Paragraf kedua berisi ulasan mengenai pendapat seorang ahli terkait semburan liar yang muncul. Paragraf tersebut dimulai dengan kalimat yang menyebutkan pendapat sang ahli yang kemudian diperjelas dengan pendapat lain yang mendukung pendapat tersebut. Jadi, ide pokok paragraf kedua adalah pendapat tentang semburan liar yang muncul. Tapi, jika ditanya secara keseluruhan, maka ide pokok teks di atas adalah munculnya semburan liar.
Jawaban : B

Soal 5 : Ide Pokok Keseluruhan Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak. Penyebab anak kurang nafsu makan dan cara mengatasinya dapat dijelaskan secara psikologis. Perilaku dalam makan timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan anggota keluarga lainnya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makan, lantaran diet misalnya, akan mengembangkan perilaku enggan makan pula. Oleh karena itu, kegiatan makan bagi seorang anak harus dibuat dalam suasana yang menyenangkan. Jangan ada unsur paksaan sehingga timbul kesan saat makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan merupakan hukuman.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Problema kurang nafsu makan pada anak
B. Perilaku anak kurang nafsu makan
C. Cara mengatasi kurang nafsu makan
D. Suasana makan yang menyenangkan
E. Jangan ada paksaan agar anak mau makan.

Pembahasan :
Secara keseluruhan, paragraf di atas membahas mengenai masalah kurang nafsu makan pada anak-anak. Kalimat utamanya adalah problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak. Dari kalimat utama ini, ide pokoknya yang menjadi pembahasan paragraf tersebut adalah problema kurang nafsu makan pada anak.
Jawaban : A