Oksigen vs Helium

Pernahkan kalian membeli balon yang diisi udara di pasar malam? Jika pernah tentu kalian pernah mengalami ini. Ketika tidak sengaja terlepas, maka balon itu akan terus membumbung keangkasa. Atau ketika sampai dirumah dan balonnya terlepas, maka balon itu akan tetap diatap rumah sampai udaranya habis sedikit demi sedikit.

Tahukan kalian udara atau gas apa yang dimasukkan kedalam balon itu? Mari kita cari tahu.

Gas gas, seperti helium dan oksigen, sangat berbeda dalam berbagai hal, salah satunya adalah massa jenisnya. Balon balon bisa diisi dengan kedua gas tersebut dan diuji gas mana yang lebih ringan dari yang lain oleh berapa banyak gas gas ini mengapung atau tenggelam.

Untuk mempelajari lebih jelas mana yang lebih ringat perhatikanlah sifat sifat dari helium dan oksigen berikut.

Sifat sifat Helium
Helium adalah gas nomor dua yang paling melipah di bumi. Gas ini tidak berwarna, tidak berbau dan merupakan gas alam yang rasanya hambar.
Untuk mendapatkan gas tersebut dari bumi dibutuhkan prosedur pengeboran khusus. Helium yang ada di atmosfer sekitar 0,0005 persen dari atmosfer bumi tetapi tidak tetap berada dibumi. Gas ini dapat lepas keluar angkasa.

Helium yang telah lepas keluar angkasa secara tetap selalu digantikan jumlahnya dengan gas hidrogen yang dihasilkan oleh peluruhan zat raioaktif atau dilepaskan oleh kerak bumi ke udara.

Sifat sifat Oksigen

tabung gas oksigen. Sumber gambar = wikipedia.org

Oksigen adalah unsur ketiga paling melimpah dialam. Oksigen sangat reakstif dan bisa bereaksi hampir dengan semua unsur lainnya. Oksgen yang ada di atmosfer sekita 21 persen dan sebagian besar dimanfaatkan manusia untuk bernafas.

Unsur oksigen juga dibutuhkan oleh makhluk hiduplainnya untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Oksigen dapat diekstraksi dari udara yang telah dicairkan. Gas oksigen juga dihasilkan dari reaksi elektrolisis air atau pemanasan kalium klorat

Ketika balon balon disisi oleh gas oksigen dan helium, maka balon yang diisi heliium akan terbang lebih tinggi dibandingkan gas oksigen.

Massa jenis gas helium lebih rendah dibandingkan gas oksigen. Helium punya  massa jenis 0,0001785 per sentimeter kubik sedangkan oksigen 0,001429 per sentimeter kubik. Dari data ini dapat dikatakan bahwa helium jauh lebih ringan dibandingkan oksigen sehingga akan terbang lebih tinggi keangkasa.

Balon yang diisi oleh gas oksigen tidak dapat terbang dan akan jatuh terus ke tanah karena mengisi balon dengan oksigen akan memperberat balon kearah bawah.

Apakah balon yang diisi oleh gas oksigen akan sama komposisinya dengan yang diisi oleh udara bebas? Jawabanny tentu tidak. Udara yang diisikan pada balon akan mengandung sekitar 78,1 persen gan nitrogen dan 20,9 persen gas oksigen dan sejumlah kecil gas gas lainnya. Hal ini sama dengan komposisi gas yang ada diudara.

Nitrogen adalah gas yang sedikit lebih berat dibanding, sehingga balon yang disi oleh udara akan lebih berat dibandingkan balon yang diisi oleh gas oksigen.

Dari penjelasan diatas tentu kalian telah dapat mengambil kesimpulan bahwa balon yang diisi oleh gas helium akan terbandg keanggkasa lebih tinggi dibandingkan gas oksigen.