Program Kerja Kepala Sekolah Tahun 2019/2020


Programpendidikan.com - Program Kerja Kepala Sekolah Tahun 2019/2020. Program Kerja Kepala Sekolah merupakan buku panduan / acuan bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.





Program Kerja Kelas sekolah di susun agar pelaksanaan pendidikan dan pengajaran pada satuan pendidikan dapat terselenggara dengan baik dan mencapai hasil yang optimal, maka diperlukan program kerja yang sistematis berdasar kondisi obyektif sekolah dan mengacu pada konsep kemandirian sekolah yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah.









Bagi anda yang di tugaskan menjadi Kepala Sekolah, sebagai pemimpin harus mampu:





  1. mendorong timbulnya kemauan yang kuat dengan penuh semangat dan percaya diri kepada para guru, staf dan peserta didik dalam melaksanakan tugasnya masing-masing;
  2. memberikan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para peserta didik, serta memberikan dorongan, memacu dan berdiri di depan demi kemajuan dan memberikan inspirasi dalam mencapai tujuan.




Tujuan utama penyusunan program kerja kepala sekolah ini antara lain :





  1. Memberikan panduan/acuan bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya;
  2. Mempermudah kepala sekolah dalam mempersiapkan pembinaan dan penilaian yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan dinas pendidikan;
  3. Meningkatkan kinerja kependidikan sehingga nantinya memperoleh hasil pendidikan dan pengajaran yang optimal;
  4. Meningkatkan kinerja administrasi untuk menghasilkan administrasi sekolah yang efektif dasn efisien sesuai ketentuan yang berlaku;
  5. Memberikan landasan dan arah yang jelas bagi pengelola pendidikan sehinga dapat menjadi pedoman kerja;
  6. Memberi landasan bagi penyusunan program kerja tahun berikutnya Situasi dan kondisi yang kondusif sangat diperlukan dalam pelaksanan program kerja ini, kerja sama yang harmonis antar komponen sekolah dan efisiensi kerja masing-masing tetap diperlukan guna mencapai keberhasilan.




Ruang lingkup penyusunan program kerja ini meliputi identifikasi tugas pokok dan fungsi Kepala Sekolah dalam mengembangkan sekolah; peningkatan mutu sekolah berdasarkan penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP); pengembangan kepemimpinan kepala sekolah, pengembangan pendidikan karakter, dan pengembangan kewirausahaan; serta pelaksanaan pengawasan pembelajaran melalui supervisi akademik dan peningkatan profesionalitas kepala sekolah.





Selengkapnya, bagi bapak ibu kepala sekolah SD, SMP, SMA, SMK yang belum memiliki Progam kerja kepala sekolah terbaru silahkan mendownloanya pada tautan link di bawah ini:





Caver - unduh file
Program Kasek Bab I - Unduh file
Program Kasek Bab II - Unduh file
Program Kasek Bab III - Unduh file
Program Kasek Bab IV - Unduh file
Program Kasek Bab V - Unduh file
Program Kasek Bab VI - Unduh file





Demikian Contoh Penyususnan Program Kerja Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2019/2020, semoga bermanfaat.