Praktikum Membuat Kristal Gula 'Rock Candy'

Menumbuhkan kristal gula sendiri sebenarnya sangatlah mudah dan bisa kalian lakukan di rumah. Kristal gula atau dikenal juga dengan “rock candy” dapat dibuat dengan mengkristalkan gula pasir (sukrosa). Produk yang dihasilkan dapat kalian konsumsi sendiri lo!

Kalian bisa mempercantik kristal gula yang akan kalian buat menggunakan pewarna makanan. Bagaimana cara membuat dan menumbuhkan kristal gula sendiri? Ikutilah instruksi berikut dengan hati – hati.
Krital gula yang terbentuk pada benang. Image Source : chelsea.co.nz
Bahan – bahan yang dibutuhkan
1. 1 cup air
2. 3 cup gula pasir (sukrosa). Pilih yang berwarna putih besih agarhasilnya lebih bagus.
3. Toples kaca yang bersih
4. Pensil
5. Benang yang agak besar
6. Panci atau mangkuk untuk mendidihkan air dan membuat larutan gula
7. Sedok atau batang pengaduk

Langkah – langkah percobaan
  1. Kumpulkan semua bahan – bahan yang telah disediakan
  2. Jika kalian menggunakan benang kecil, kalian harus mengikat kristal gula yang sudah ada terlebih dahulu. Tidak usah kristal yang besar, cukup yang kecil untuk memberikan berat pada benang dan juga sebagai media tempat tumbuhnya kristal nantinya. Tetapi jika kalian mengggunakan benang yang kasar, maka kalian tidak perlu menyediakan kristal kecil.
  3. Ikat benang pada bagian tengah pensil dan letakkan diatas toples kaca. Pastikan bahwa benagnya menggantung di dalam toples dan tidak menyentuk bagian kaca toples.
  4. Didihkan air. kalian bisa mendidihkan air dia atas kompor atau didalam microwave.
  5. Masukkan gula ke dalam air yang sedang dididihkan sesendok demi sesendok. Terus masukkan gula sampai air dalam wadah yang didihkan tidak mampu lagi melarutkannya. Ciri – cirinya adalah ada endapan gula yang tak larut di dasar wadah. Pada saat ini, larutan gula kalian sudah jenuh. Jika kalian tidak membuat larutan jenuh gula ini, maka kristal kalian akan sangat lama tumbuh. Jangan takut memasukkan terlalu banyak gula karena kalian bisa menyaring endapan gula yang tidak larut.
  6. Jika kalian ingin kristal gulanya nanti memiliki warna, masukkanlah beberapa tetes pewarna makanan yang kalian sukai.
  7. Setelah larutan jenuh gula terbentuk, tuangkan larutan tersebut ke dalam toples kaca yang telah disediakan. 
  8. Letakkan pensil diatas toples dan biarkan benangnya menjuntai diatas larutan gula jenuh.
  9. Letakkan toples di tempat yang tidak terganggu. Jika kalian mau, letakkan penutup diatas toples agar debu tidak masuk misalnya dengan kertas atau dengan kain kasa dan sebagainya.
  10. Biarkan toples tersebut selama satu hari, kemudian periksa apakah sudah ada kristal yang terbentuk atau belum. Biasanya sudah mulai terbentuk kristal kecil di ujung untaian benang.
  11. Biarkan kristal tumbuh sampai ukuran yang diinginkan atau sampai ia tidak tumbuh lagi. Pada saat ini, kalian bisa mengeluarkan kristal dari toples dan biarkan kristalnya mengering. Kalian bisa menyimpan kristal gula tersebut atau memakannya!

Tips agar percobaan ini berhasil
  • Jangan gunakan nilon sebagai talinya karena kristal tidak dapat tumbuh pada nilon. Gunakan benang yang agak besar atau jika tidak ada, yang kecil juga boleh asalkan kalian mengikat kristal benih di ujung benag untuk menstilmulus pertubuhan kristal.
  • Perhatikan juga menggunakan bahan – bahan yang tidak membahayakan kesehatan jika kalian ingin membuat kristal gula untuk dimakan.
Nah, percobaan menumbuhkan kristal gula  ini cukup mudah bukan dan menyenangkan pastinya untuk dilakukan. Kalian bisa mengasah kemampuan bereksperimen kalian dengan baik untuk persiapan melakukan percobaan – percobaan di sekolah.

Source  : thoughtco.com