Pemisahan Air dan Garam

Bagaimana Cara Memisahkan Garam dari Air. 
Garam yang terlarut dalam air bisa lo kita pisahkan kembali. Masa iya sih? Iya beneran, kita bisa memisahkan garam dari air dengan cara yang sederhana. Nah, sebelum mari kita berbicara mengenai garam yang akan kita pisahkan.
Garam adalah mineral yang komponen utamanya adalah senyawa natrium klorida atau NaCl. Garam sudah digunakan sejak zaman dahulu kala untuk membantu membuat makanan menjadi lebih lezat. Bayangkan makanan tanpa garam, bagaikan sayur tanpa garam, hehehe….pasti hambar rasanya.

Pada zaman dahulu kala/kuno bahkan garam digunakan segabai mata urang dalam beberapa kebudayaan. Selamam periode Fenicia menguasai perdagangan garam di kawasan Mediterania, Garam adalah semahal emas. Wah, kalau masih digunakan sekarang sebagai mata uang, kita pasti sudah kaya,

Dalam postingan ini, kita akan belajar bagaimana caranya memisahkan garam dari air hanya menggunakan panas cahaya matahari. Kalian bisa menggunakan matahari untuk menguapkan air, sehingga meninggalkan kristal garam. Cara ini juga masih dipakai orang-orang untuk memprodukasi garam.

Tugas kita adalah menguapkan air yang mengandung garam untuk menghasilkan kristalnya.

Bahan yang kita butuhkan :
1. Loyang untuk wadah air yang mengandung garam
2. Kertas hitam
3. Garam dapur
4. Air
5. Wadah untuk memasak (untuk menguapkan air agar lebih cepat)

Langkah-langkah yang harus kita lakukan.
  1. Jika kamu tidak punya sumber air asin (air dari laut), maka tinggal campurkan saja garam dan air dalam wadah yang disediakan, kemudian aduk sampai semua garam larut. Jangan gunakan terlalu banyak garam, karena nantinya ia bisa tidak larut.
  2. Letakkan kertas hitam di atas Loyang yang sudah disediakan.
  3. Tuangkan air garam tadi ke Loyang. Pastikan juga semua kertasnya terendam air.
  4. 4Letakkan Loyang ditempat yang disinari cahaya matahari
  5. Lihatlah, seberapa lama air tersebut akan menguap dan menghasilkan kristal garam.
Nah mudah bukan. Setelah semua air menguap maka akan terbentuk kristal garam di kertas hitam tersebut.

Percobaan oleh Erin Bjornsson via www.education.com

Garam Yang Melelehkan Es
Es terbentuk ketika air mendingin dibawah titik bekunya yaitu 0 derajat Celsius atau 32 derajat Farenheith pada kondisi yang normal. Ketika air membeku, setiap molekulnya akan berikatan bersama membentuk pola tertentu sehingga ia tetap diam. Berbeda ketika cair, dimana molekul airnya bergerak bebas.

Faktanya adalah, garam dapat melelehkan es karena garam akan membuat titik beku air menjadi turun dan menggangu kesetimbangan molekul. Ini merupakan salah satu penerapan dari konsep sifat koligatif larutan. Tapi ada bayak jenis garam yang masing-masingnya mengandung komposisi molekul dan unsur pembentuk yang berbeda.

Pertanyaannya adalah garam mana yang akan melelehkan air lebih cepat? Itulah yang akan kalian cari tahu melalui percobaan ini.

Bahan yang dibutuhkan
1. Garam meja (halus)
2. Garam Kosher
3. Garam Epsom
4. Garam kasar
5. 5 buah es batu(ukuran kecil saja)
6. Plastik bening atau kotak bening untuk menampung es

Langkah-langkah percobaan
  1. Jika kamu tidak punya es batu,makakamu tinggal buat dikulkas dan tunggu beberapa saat. Es yang kita butuhkan ini harus memiliki ukuran yang sama.
  2. Setelah esnya jadi, masukkan ke dalam plastic atau kotak bening tadi. Beri label setiap plastic, jenis garam mana yang kita tambahkan.
  3. Masukkan atau taburkan keempat garam tadi ke dalam plastic yang berisi es. Setelah itu pasang waktu 10 menit untuk garam mampu melelehkan es.
  4. Setelah 10 menit, sekarang saatnya kamu mengamati garam mana yang memiliki kemampuan melelehkan es dengan cepat

Nah, percobaan ini sudah dilakukan oleh orang-rang luar untuk mencairkan salju yang menutup jalan. Tentu kalian sudah tahu garam mana yang melelehkan es dengan cepat bukan.

Percobaan oleh : Sofia PC via www.education.com 

Nah itulah percobaan sederhana menggunakan garam yang bisa kalian lakukan di rumah. Mudah dan tentunya aman.